Mengimpor Gmail ke Outlook

  • Langkah 1: Siapkan Gmail untuk disambungkan ke Outlook

    Sebelum menyambungkan akun Gmail dan Outlook, Anda perlu menyiapkan akun Gmail: aktifkan verifikasi 2 langkah untuk Gmail kemudian buat kata sandi aplikasi yang akan digunakan Outlook/Office 365 untuk menyambungkan ke alamat Gmail.

    Langkah 2: Tambahkan akun Gmail ke Outlook

    Setelah menyelesaikan langkah ini, pesan Gmail yang sudah ada bisa dilihat di Outlook. Anda bisa menggunakan Outlook untuk menerima, membaca, dan mengirim pesan baru dari akun Gmail. Akun tersebut juga masih dapat digunakan melalui situs web Gmail seperti sebelumnya.

    1. Buka aplikasi Outlook (seperti Outlook 2013, atau 2016). Pita atas akan tampak seperti ini, dengan File di pojok kiri:

      Seperti inilah pita desktop Outlook terlihat.

      Anda hanya bisa menggunakan versi Outlook yang memiliki File di sudut kiri – artinya, versi Anda memiliki panduan Impor/Ekspor.

      Jika pita Outlook terlihat seperti di bawah ini, artinya Anda tidak menggunakan aplikasi Outlook yang terinstal di komputer. Lihat Cara mendapatkan aplikasi Outlook.

      Seperti inilah pita web Outlook terlihat.

    2. Di aplikasi Outlook, pilih File > Tambahkan Akun.Untuk menambahkan akun gmail ke Outlook, klik tombol Tambahkan Akun
    3. Di halaman Penyiapan Akun Otomatis, masukkan nama, alamat Gmail, dan kata sandi Gmail (atau kata sandi aplikasi) Anda, kemudian pilih Berikutnya.Memasukkan alamat email gmail dan kata sandi akun gmail Anda
      Jika proses konfigurasi tidak selesai, namun Anda justru mendapatkan perintah untuk memasukkan nama dan kata sandi pengguna untuk server imap.gmail.com, pilih Batalkan lalu masukkan kembali kata sandi aplikasi jika terjadi kesalahan pengetikan. Jika masih mengalami masalah, lihat Memperbaiki masalah dengan menambahkan Gmail ke Outlook.
    4. Klik Selesai. Outlook disinkronkan dengan akun Gmail Anda. Email dalam akun Gmail akan muncul di Outlook, tepat di bawah kotak surat Office 365.

      Setelah Anda menambahkan akun gmail, Anda akan melihat dua akun di Outlook

    Langkah 3: Salin pesan Gmail ke desktop Anda

    Pengguna Mac: Jika Anda menggunakan Outlook untuk Mac 2011, akan terdapat instruksi ekspor dan impor lainnya.

    Setelah menyelesaikan langkah ini, salinan pesan Gmail akan disimpan di file yang dibuat Outlook di desktop. File itu disebut File Data Outlook (.pst). Jika menerima email lagi di akun Gmail setelah mengambil snapshot ini, pesan tambahan tersebut tidak akan disalin ke file .pst, tetapi Anda selalu bisa mengulangi langkah-langkah ini untuk menyalinnya.

    1. Di aplikasi Outlook (Outlook 2013 atau Outlook 2016), pilih File > Buka & Ekspor > Impor/Expor.

      Untuk membuat file pst Outlook Anda, pilih File, pilih Buka dan Ekspor, lalu Impor/Ekspor

    2. Pilih Ekspor ke file, lalu pilih Berikutnya.Pilih Ekspor ke file
    3. Pilih File Data Outlook (.pst), lalu pilih Berikutnya.Pilih File Data Outlook (.pst) lalu pilih Berikutnya
    4. Pilih akun yang ingin Anda ekspor dengan memilih nama atau alamat email pada akun Gmail, dan pastikan kotak Sertakan subfolder dicentang (ini akan memastikan semua email Anda disalin), lalu pilih Berikutnya.

      Pilih nama akun gmail yang ingin Anda impor

    5. Pilih Telusuri untuk memilih tempat menyimpan File Data Outlook (.pst) dan untuk memasukkan nama file. Secara default, namanya adalah “cadangan,” jadi pilih nama lain yang mudah diingat, seperti gmail. Jika Anda mengekspor ke File Data Outlook (.pst) yang sudah ada, tentukan apa yang harus dilakukan saat mengekspor item yang sudah ada dalam file tersebut pada Opsi. Pilih Selesai untuk melanjutkan.

      Telusuri ke lokasi tempat Anda ingin membuat file pst yang akan menyimpan pesan Gmail Anda, dan ketik nama untuk file pst tersebut.

    6. Dalam kotak dialog Tambahkan kata sandi opsional , tambahkan kata sandi jika Anda mau. Pilih OKuntuk menyimpan file data meskipun Anda membiarkan kotak kata sandi kosong. Tanpa pemberitahuan lebih lanjut, Outlook langsung mulai mengekspor data, juga tidak akan memberi pesan bila impor telah selesai.

      Saat Anda membuat file pst, klik Ok meskipun Anda tidak ingin menetapkan kata sandi untuk itu

    7. Masuk ke lokasi tempat Anda menyimpan file .pst untuk mengonfirmasi bahwa file tersebut ada di sana.

    Langkah 4: Salin Gmail Anda ke kotak surat Office 365

    Setelah menyelesaikan langkah ini, email dalam file .pst akan tersedia di kotak surat Office 365.

    1. Di aplikasi Outlook (Outlook 2013 atau Outlook 2016), pilih File > Buka & Ekspor > Impor/Expor untuk memulai Panduan Mengimpor dan Mengekspor.
    2. Pilih Impor dari program atau file lain > Berikutnya.

      Memilih untuk mengimpor email dari program atau file lain

    3. Pilih File Data Outlook (.pst) > Berikutnya.Memilih untuk mengimpor File Data Outlook (.pst)
    4. Telusuri file .pst yang Anda buat dalam Langkah 3 (di contoh kami, file diberi nama gmail.pst). Pada Opsi, pilih cara yang diinginkan untuk menangani duplikat. Pilih Berikutnya.

      Pilih file pst yang Anda buat sehingga Anda bisa mengimpornya.

    5. Jika Anda menetapkan kata sandi untuk File Data Outlook (.pst), masukkan kata sandi > OK.
    6. Pilih untuk mengimpor email ke kotak surat Office 365 (pada contoh, kotak surat Office 365 dinamai Jakob@onmicrosoft.com). Pilih Selesai.Pilih Selesai untuk mengimpor file pst Outlook ke kotak surat Office 365 Anda.
    7. Outlook mulai menyalin informasi dari file .pst ke kotak surat Office 365 Anda. Jika ada banyak data, mungkin akan membutuhkan waktu berjam-jam. Jika mematikan Outlook atau memutuskan sambungan dari Internet, impor akan berhenti dan dilanjutkan saat Outlook tersambung kembali.Saat Outlook selesai, Anda akan melihat snapshot Gmail, yang kini disimpan di kotak surat Office 365. Selamat! Pesan Gmail lama kini berada dalam kotak surat Office 365!

      Setelah Anda mengimpor email ke kotak surat Office 365, ini akan muncul di dua tempat.

      Karena Gmail lama disimpan di kotak surat Office 365, Anda bisa menggunakan Outlook di web untuk mengakses pesan email tersebut dari perangkat apa pun.

      Setelah Anda mengimpor email dari file pst, email tersebut akan muncul juga di OWA

    (Opsional) Langkah 5: Hapus akun Gmail dari Outlook

    Setelah menyelesaikan langkah ini, akun Gmail masih akan ada, tetapi tidak akan terlihat di Outlook. Jika Anda masih menerima email di akun Gmail tersebut, ulangi langkah-langkah di artikel ini bila ingin menerima email di kotak surat Office 365.

    1. Di Outlook, pilih File > Pengaturan Akun > Pengaturan Akun.Untuk menghapus akun Gmail Anda, pilih File, Pengaturan Akun, Pengaturan Akun.
    2. Dalam kotak Pengaturan Akun, pilih akun Gmail Anda, lalu pilih Hapus.Pilih akun Gmail yang ingin Anda hapus, lalu pilih Hapus.
    3. Dalam kotak dialog tentang cache offline yang dihapus, pilih Ya.Saat Anda menghapus akun gmail Anda dari Outlook, klik Ya di peringatan tentang singgahan offline Anda sedang dihapus.

      Pesan Gmail yang diimpor ke kotak surat Office 365 masih ada di sana, tetapi akun Gmail Anda tidak lagi muncul di Outlook.

    Memperbaiki masalah menambahkan akun Gmail ke Outlook

    Berikut adalah 3 masalah umum yang dialami pelanggan saat mengimpor Gmail ke Outlook.

    Masalah 1: Jika Anda mendapatkan perintah berikut, pilih Batalkan (harus dilakukan beberapa kali), lalu pilih Batalkan kembali di halaman Penyiapan Akun Otomatis sehingga perintah tidak lagi muncul.

    Jika Anda mendapatkan kotak dialog ini, pilih Batalkan.

    Perintah ini muncul karena Google berpikir ada orang lain yang memiliki kata sandi Anda. Google akan menampilkan perintah ini berulang-ulang setiap kali Outlook mengirimkan ping pada Google. Hal ini terjadi jika:

    • Anda mengetikkan kata sandi yang salah. Untuk memperbaikinya, periksa kembali kata sandi Anda.

    • Anda menggunakan komputer yang belum pernah digunakan untuk masuk ke akun Gmail.
    • Anda belum masuk ke akun Gmail setelah beberapa waktu.

    Untuk memperbaikinya, cobalah ini:

    1. Masuk ke akun Gmail menggunakan komputer sama dengan yang akan Anda gunakan untuk proses Menambahkan akun.
    2. Pastikan langkah-langkah untuk menyiapkan akun Gmail Anda telah dilakukan.
    3. Mulai Langkah 2: Tambahkan akun Gmail Anda ke Outlook lagi, dimulai pada langkah 3, File > Tambahkan akun.

    Masalah 2: Jika pesan Gmail tidak terlihat di Outlook, dan justru mendapatkan pesan kesalahan “Server IMAP ingin memberi tahu Anda hal berikut……” buka akun Gmail Anda, lalu periksa bahwa Izinkan pengaturan yang kurang aman telah diatur ke AKTIF, lalu lakukan ulang langkah-langkahnya untuk menambahkan akun Gmail Anda ke Outlook.

    Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan "server IMAP Anda ingin memberitahukan hal-hal berikut ini" periksa apakah Anda sudah mengaktifkan pengaturan kurang aman Gmail sehingga Outlook bisa mengakses pesan Anda.

    Masalah 3: Anda mendapatkan pesan kesalahan “Tidak dapat menyelesaikan operasi karena penyedia layanan tidak mendukung hal itu.” Apakah Anda mencoba mengimpor pesan Gmail ke akun Outlook.com atau Hotmail.com? Kesalahan ini muncul karena percobaan pengimporan ke akun Exchange ActiveSync (EAS). Penyedia layanan EAS (Outlook.com / Hotmail) tidak mendukung pengimporan (atau pemindahan), hanya menyalin ke dalam folder. Untuk petunjuk, lihat Menambahkan semua akun email Anda ke Outlook.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s