Validasi data

Menerapkan validasi data ke sel

Anda dapat menggunakan validasi data untuk membatasi tipe data atau nilai yang dimasukkan pengguna ke dalam sel. Salah satu penggunaan validasi data yang paling umum adalah untuk membuat daftar menurun.

 

Menambahkan validasi data ke sel atau rentang

Catatan: Tiga langkah pertama dalam bagian ini adalah cara untuk menambahkan tipe validasi data apa pun. Langkah 4-8 adalah cara yang dikhususkan untuk membuat Daftar menurun.

  1. Pilih satu atau beberapa sel untuk divalidasi.
  2. Pada tab Data, di grup Alat Data, klik Validasi Data.Validasi Data terletak di tab Data, grup Peralatan Data
  3. Di tab Pengaturan, dalam kotak Perbolehkan, pilih Daftar.Tab pengaturan dalam kotak dialog Validasi Data
  4. Di kotak Sumber, ketikkan nilai daftar Anda, yang dipisahkan dengan koma. Sebagai contoh:

    1. Untuk membatasi jawaban menjadi dua pilihan (“Apakah Anda memiliki anak?” sebagai contoh), ketikkan Ya,Tidak.
    2. Untuk membatasi reputasi kualitas vendor menjadi tiga peringkat, ketik Rendah,Rata-Rata,Tinggi.

      Catatan: Langkah-langkah ini pada umumnya hanya disarankan untuk item daftar yang mungkin tidak akan berubah. Jika memiliki daftar yang dapat berubah, atau jika perlu menambahkan atau menghapus item dari waktu ke waktu, lebih baik Anda mengikuti langkah Praktik Terbaik berikut.

      Praktik Terbaik: Anda juga dapat membuat entri daftar dengan mengacu ke rentang sel di mana pun dalam buku kerja. Cara paling efisien adalah dengan membuat daftar, kemudian memformatnya sebagai Tabel Excel (dari tab Beranda pilih Gaya > Format sebagai Tabel > pilih Gaya Tabel yang paling sesuai dengan Anda. Berikutnya, pilih Rentang Isi Data tabel, yang merupakan bagian dari tabel yang hanya berisi daftar Anda, bukan Header tabel (dalam hal ini adalah Departemen), lalu berikan nama yang bermakna dalam Kotak Nama di atas kolom A.

      Masukkan nama yang bermakna untuk daftar tersebut dalam kotak nama

    Kini, sebagai ganti dari mengetikkan nilai daftar di kotak Sumber validasi data, tambahkan nama yang baru saja Anda tentukan, didahului dengan tanda Sama dengan (=).

    Awali nama tabel dengan tanda =

    Hal terbaik dalam menggunakan tabel adalah ketika Anda menambahkan atau menghapus item dari daftar, daftar validasi data akan diperbarui secara otomatis.

    Catatan: Lebih baik jika meletakkan daftar di lembar kerja terpisah (tersembunyi jika perlu) sehingga tidak ada orang yang dapat mengeditnya.

  5. Pastikan kotak Menu turun bawah dalam sel tercentang. Jika tidak, Anda tidak akan dapat melihat panah turun bawah di dekat sel.Daftar menurun dalam sel muncul di samping sel
  6. Untuk menentukan cara yang diinginkan guna menangani nilai kosong (null), pilih atau hapus kotak centang Abaikan kosong.

    Catatan: Jika nilai yang Anda perbolehkan didasarkan pada rentang sel yang memiliki nama yang ditetapkan dan ada sel kosong di suatu sel di rentang tersebut, mencentang kotak Abaikan kosongmemungkinkan nilai apa pun dimasukkan di sel yang divalidasi. Ini juga berlaku untuk sel apa pun yang dirujuk oleh rumus validasi: jika sel yang dirujuk kosong, mencentang kotak Abaikan kosongmemungkinkan nilai apa pun dimasukkan di sel yang divalidasi.

  7. Uji validasi data untuk memastikan validasi bekerja dengan benar. Coba masukkan data yang valid dan tidak valid di sel untuk memastikan pengaturan Anda bekerja sesuai keinginan dan pesan muncul saat Anda mengharapkannya.

Catatan:

  • Setelah membuat daftar menurun, pastikan daftar bekerja seperti yang diinginkan. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin memeriksa jika sel sudah cukup lebar untuk memperlihatkan semua entri.
  • Jika daftar entri untuk daftar turun bawah Anda ada pada lembar kerja lain dan Anda ingin mencegah pengguna melihatnya atau mengubahnya, pertimbangkan menyembunyikan dan memproteksi lembar kerja itu. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memproteksi lembar kerja, baca Mengunci sel untuk melindunginya.
  • Menghapus validasi data – Pilih satu atau beberapa sel yang berisi validasi yang ingin Anda hapus, kemudian masuk ke Data > Validasi Data lalu dalam dialog validasi data tekan tombol HapusSemua, kemudian OK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s